Penerjunan / Penyerahan Dosen Penyuluh dan Mahasiswa Kegiatan Pengabdian Masyarakat Program Penyuluhan Seni 2020

Tahun anggaran 2020, LPPM ISI Yogyakarta melaksanakan program pengabdian masyarakat yang hingga saat ini masih menjadi program unggulan yaitu penyuluhan seni. Program ini dilaksanakan oleh para dosen dengan dibantu mahasiswa sebagai bentuk pelaksanaan pengabdian masyarakat yang merupakan salah satu dari Dharma Perguruan Tinggi dengan berbasis kompetisi.

Diharapkan dengan adanya program penyuluhan ini dapat mengembangkan serta meningkatkan kemampuan kelompok-kelompok seni yang ada dimasyarakat dalam aktifitasnya sesuai latar belakang kesenian yang diusung yang kemudian berdampak pada nilai ekonomi anggota kelompok / masyarakat

Berdasar hasil evaluasi kelayakan proposal usulan penyuluhan seni yang diumumkan pada tanggal 26 Februari 2020, tahun ini program penyuluhan seni dilaksanakan di 29 lokasi dengan melibatkan beberapa dosen dan mahasiswa dari Fakultas Seni Pertunjukan, Fakultas Seni Rupa, dan Fakultas Seni Media Rekam. Daftar pelaksana, judul, dan lokasi penyuluhan dapat dilihat disini : Daftar Pelaksana Penyuluhan Seni 2020.

dari 29 lokasi diatas, berikut jumlah lokasi penyuluhan berdasar wilayah: Kota Yogyakarta sebanyak 4 lokasi, Bantul sebanyak 9 lokasi, Sleman sebanyak 2 lokasi, Gunungkidul sebanyak 2 lokasi, Kulonprogo 1 lokasi, dan Jawa tengah sebanyak 11 lokasi.

Setelah pengumuman hasil evaluasi, pada tanggal 9 Maret 2020 LPPM ISI Yogyakarta mengundang para dosen penyuluh yang dinyatakan lolos seleksi diundang untuk melakukan rapat koordinasi terkait teknis penerjunan Dosen dan mahasiswa dilapangan.

Penerjunan / penyerahan dosen dan mahasiswa dilaksanakan di Instansi Pemerintah dimana kelompok seni yang akan dibina berada yakni Kantor Desa / Kalurahan atau lainnya sebagai bentuk silaturahmi dan kerjasama antara Perguruan Tinggi dan Instansi terkait.  tiap anggota tim LPPM mulai dari Ketua Lembaga hingga staff melakukan penerjunan ke beberapa wilayah berdasar jadwal yang sudah ditentukan.

Dari jadwal yang sudah ditentukan dan disampaikan pada rapat koordinasi  antara LPPM dan dosen penyuluh, penerjunan dilaksanakan mulai tanggal 11 Maret sampai dengan 13 Maret 2020 dengan terlebih dulu menyampaikan surat pemberitahuan kepada Kantor Desa / Kalurahan.

Ketua LPPM ISI Yogyakarta, Dr. Nur Sahid, M.Hum. berharap kegiatan dapat berjalan dengan baik sesuai target, bisa membantu apa yang menjadi kebutuhan dan tantangan kelompok seni dalam pengembangannya serta para pembina dilapangan tetap dapat menjaga nama baik ISI Yogyakarta.