Evaluasi Proposal program Penelitian Dosen ISI Yogyakarta Tahun 2020

evaluasi proposal
Pada tahun anggaran 2020, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Institut Seni Indonesia Yogyakarta kembali membuka pendaftaran program penelitian dengan sumber dana DIPA ISI Yogyakarta, yaitu Program Penelitian Dosen ISI Yogyakarta.

Program Penelitian Dosen ISI Yogyakarta merupakan program unggulan penelitian yang mempunyai beberapa skema penelitian seperti skema penelitian dosen pemula, skema penelitian dasar, dan skema penelitian terapan. Pembukaan pendaftaran usulan program penelitian dosen ISI Yogyakarta dimulai dari tanggal 13 April sampai dengan 18 Mei 2020. Jumlah usulan yang didaftarkan mencapai 100 judul dengan status usulan lengkap.

Selanjutnya ,100 judul usulan penelitian yang terdaftar dan dinyatakan lengkap dilakukan evaluasi proposal tahap pertama yaitu desk evaluasi proposal. Pelaksanaan desk evaluasi proposal dilaksanakan pada tanggal 13 – 16 mei untuk periode evaluasi gelombang 1, sedangkan periode desk evaluasi gelombang 2 dilaksanakan pada tanggal 20 – 29 Mei 2020.

Hasil desk evaluasi proposal gelombang 1 diumumkan pada tanggal 19 Mei 2020 sedangkan hasil desk evaluasi proposal gelombang 2 di umumkan pada tanggal 5 Juni 2020. Pengusul yang dinyatakan lolos desk evaluasi proposal baik pada gelombang 1 maupun gelombang 2 diundang untuk mengikuti seleksi proposal tahap kedua yaitu evalausi pembahasan proposal.

Evaluasi tahap ini sebagai tindaklanjut dari evaluasi tahap pertama dan sebagai pendalaman konten proposal dengan mekanisme presentasi, lalu di lanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh reviewer.

Evaluasi pembahasan proposal

dilaksanakan di ruang rapat Gedung Concert Hall ISI Yogyakarta pada tanggal 15 Juni dan 17 Juni 2020 dengan diikuti sejumlah 59 pengusul dan direview oleh 10 reviewer, yang dibagi menjadi 5 kelompok berdasar skim usulan. Pada tanggal 15 Juni 2020 terdapat 2 kelompok sedangkan pada tanggal 17 Juni 2020 terdapa 3 kelompok.

Dr. Nur Sahid, M.Hum. selaku ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat ISI Yogyakarta berkesempatan memberikan sambutan pada acara pembukaan evaluasi pembahasan proposal baik pada hari pertama maupun hari kedua.

Pada sambutannya, Ketua LPPM ISI Yogyakarta berharap agar pelaksanaan evaluasi pembahasan proposal dapat memberikan saran dan masukan terhadap proposal yang direview agar penelitian tahun 2020 dapat terselesaikan dengan tepat waktu baik dari laporan penelitian maupun capaian luaran.

Sehubungan dengan pandemi wabah covid-19, teknis pelaksanaan evaluasi pembahasan proposal dibuat jadwal dengan model sesi sebagai bentuk kepatuhan terhadap protokol kesehatan dalam rangka pencegahan dari penyebaran covid-19.

Dengan dibuatnya jadwal pelaksanaan dengan model sesi, maka pengusul yang mengikuti evaluasi proposal dalam satu ruangan seminar dapat diatur jumlahnya (maksimal 5 orang), sehingga dalam satu ruangan bisa diterapkan protokol kesehatan yaitu physical distancing.

Selain penerapan physical distancing dalam ruangan seminar, penerapan protokol kesehatan juga dilakukan sebelum peserta memasuki gedung dengan melakukan pindai suhu badan, dan peserta  diwajibkan mengenakan masker saat memasuki gedung.