Webinar Sosialisasi Inovasi 2021

Dalam rangka penyegaran dan mendorong inovasi berbasis riset oleh para dosen, maka Lembaga Penelitiam ISI Yogyakarta telah mengadakan webinar sosialisasi tentang inovasi dengan pokok bahasan: Inovasi Berbasis Riset Pendorong Percepatan Pengembangan Industri Kreatif

Sosialisasi inovasi dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 24 Juni 2021 mulai pukul 08.00 sampai 12.30 WIB melalui media daring. Sosialisasi ini dimaksudkan untuk meningkatkan jumlah inovasi berbasis riset yang dilakukan oleh para civitas akademik ISI Yogyakarta.

Disamping sosialisasi tersebut diatas Lembaga penelitian ISI Yogyakarta juga telah memberikan insentif kepada 14 karya inovasi pada tahun 2020. Hal yang serupa diharapkan pada tahun ini mengalami peningkatan.

Kegiatan sosialisasi ini di ikuti 84 peserta yaitu pada dosen ISI Yogyakarta yang sedang dan akan melakukan penelitian. Adapun kegiatan sosialisasi inovasi dibuka oleh Dr. Nur Sahid, M.Hum sebagai ketua Lembaga Penelitian Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Sebelum dibuka, beliau juga memberikan sambutan dan arahan mengenai betapa pentingnya peranan inovasi di dalam Institusi Perguruan tinggi. Selain member dampak terhadap perkembangan industry kreatif, inovasi juga member dampak positif kepada para peneliti dan meningkatkan cluster sebuah Perguruan Tinggi. Beliau juga mengajak peran aktif para dosen untuk melakukan inovasi berbasis riset.

Materi sosialisasi disampaikan oleh Edi Eska, S.Sn., M.Sn dari Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI), Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB) Yogyakarta. Acara sosialisasi dimoderatori oleh Drs. I Made Sukanadi, M.Hum. selaku Kepala Pusat Inovasi.

Materi sosialisasi berisi tentang pentingnya sebuah inovasi yang dilakukan berdasarkan riset, dan strategi penyusunan tema-tema riset yang mendorong percepatan perkembangan industry kreatif. Peserta sosialisasi juga diberikan kesempatan untuk melakukan Tanya jawab kepada narasumber.

Pemateri juga menyampaikan bahwa Institut Seni Indonesia Yogyakarta sangat potensial untuk menghasilkan karya-karya inovasi yang unik, kreatif, dan diminati di dunia industri baik dalam maupun luar negeri. Hanya saja perlu membuka diri, penguatan, dan kerjasama dengan berbagai pihak lain yang terkait.

Pada bagian penutup juga disampaikan bahwa untuk mencapai suatu tujuan perlu menyiapkan strategi dengan tindakan nyata dan segera.