Sosialisasi Penelitian Penugasan Bersama Guru-Guru PAUD se Kabupaten Bantul D.I. Yogyakarta

Pada tahun 2019, Institut Seni Indonesia Yogyakarta mendapat penugasan penelitian dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi  yang mulai sekarang (2020) berubah menjadi Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional.

Penelitian Penugasan dengan judul “Seni Pertunjukan Wayang Digitalisasi Untuk Media Pendidikan Karakter Anak Usia Dini” yang diberikan oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat dilaksanakan oleh Dr. Junaidi, S.Kar., M.Hum. sebagai ketua beranggotakan Dr. Nur Sahid, M.Hum. dari ISI Yogyakarta, I Dewa Ketut Wicaksana SSP, M,.Hum. dari ISI Denpasar, dan anggota terakhir Dr. Slamet, M.Hum. dari ISI Surakarta.

Penelitian ini bertujuan ingin meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap seni pertunjukan wayang yang lebih memfokuskan pada fungsi pendidikan, dengan tanpa meninggalkan fungsi hiburan. Dimulai dari usia dini dengan mengangkat tema-tema kekinian dan ke masa depan yang berasas pada nilai-nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Dampak positif yang didapatkan adalah penguatan ideologi dan ekonomi melalui pengembangan seni pertunjukan panggung audiovisual menjadi layar digitalisasi. – Abstrak Penelitian

Setelah satu tahun berjalan, peneliti yang di Ketuai oleh Dr. Junaidi, S.kar., M.Hum. beserta anggota peneliti Dr. Nur Sahid, M.Hum. yang sekaligus menjabat Ketua LPPM ISI Yogyakarta melakukan sosialisasi capaian dari pelaksanaan penelitiannya Sosialisasi dilaksanakan pada tanggal 27 Februari 2020 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Bantul dengan dihadiri guru-guru PAUD se-Kabupaten Bantul sejumlah 167 peserta. Pada kegiatan Sosialisasi ini, Peneliti juga menghadirkan mitra penelitian yaitu Sani Budi Cahyono dan Hadi Susilo dari CV Mitra Magelang.

Pada acara sosialisasi peneliti, pembantu peneliti dan mitra mencoba menampilkan pertunjukan wayang baik yang berupa digital maupun langsung. Pada akhir acara, perwakilan mitra penelitian yaitu Sani Budi Cahyono menyampaikan pentingnya mengenalkan nilai-nilai Pancasila sebagai pendidikan karakter sejak usia dini, karena menentukan perkembangan di usia selanjutnya.