Rapat Koordinasi Ketua LPPM ISI Yogyakarta dan Pengusul Penelitian Program Hibah DRPM 2020

Ketua LPPM didampingi sekretaris LPPM beserta Pembantu Rektor I ISI Yogyakarta, pada tanggal 25 Februari 2021 mengundang 25 pengusul penelitian program hibah DRPM tahun 2020 di Ruang Rapat Tiga, Lantai Tiga Rektorat ISI Yogyakarta.

Pertemuan tersebut membahas koordinasi pelaksanaan penelitian pada tahun 2021, serta  memberikan gambaran singkat mengenai proses seleksi usulan penelitian sehingga bisa menjadi evaluasi bagi pengusul yang dinyatakan tidak lolos untuk didanai.

Ketua LPPM, Dr. Nur Sahid, M.Hum., menjelaskan bahwa pada usulan Penelitian Program Hibah DRPM Tahun 2020 ada dua tahap seleksi proposal oleh DRPM. Seleksi Tahap I, adalah seleksi secara administrasi. Menurut Dr. Nur Sahid, M.Hum. ada tiga hal yang harus dipenuhi oleh pengusul pada seleksi administrasi.

Pertama, pengusul minimal memiliki dua artikel atau publikasi pada Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta Dua. Kedua, mengikuti template yang sudah disediakan oleh DRPM, artinya tidak mengubah pola yang sudah ditetapkan, dan ketiga harus mengikuti tata tulis seperti yang sudah ditetapkan pada buku Panduan Penelitian pada tahun-tahun sebelumnya.

Seleksi Tahap II, adalah penilaian mengenai isi atau substansi dari usulan penelitian yang diajukan setelah proposal dilakukan seleksi administrasi. seleksi tahap II inilah tahap yang menentukan proposal lolos atau tidak lolos untuk didanai.

Ketua LPPM berharap para pengusul yang dinyatakan tidak lolos pada pendanaan tahun 2021 agar bisa melakukan evaluasi dan perbaikan proposal sesuai saran dan kriteria penulisan proposal yang disampaikan oleh narsumber pada saat dilaksanakan workshop teknis penyusunan proposal program hibah DRPM sebelumnya, untuk kemudian ajukan kembali pada kesempatan berikutnya.